468x60 Ads

,

Badai Sandy

Badai Sandy
National Hurricane Center yang berlokasi di Florida Amerika Serikat, sejak kemarin (28/10) malam memperkirakan kemunculan badai Sandy. Badai ini tampil dengan perputaran angin hingga kecepatan 75 mph dan berpotensi merusak wilayah New Jersey bagian selatan.

Ramalan cuaca yang berlangsung selama lima hari terakhir, menampilkan peringatan kemungkinan dampak terburuk yang juga dapat melanda pesisir Amerika bagian timur. Situs Universetoday, Senin (29/10/2012) melaporkan, perkembangan badai Sandy baru-baru ini berada di Kategori 1, yang membuat dampak seperti hujan lebat, angin dan badai yang menyerang pantai utama metropolitan, termasuk New York City dan Washington, D.C.

Bahkan, raksasa mesin pencari Google harus menunda hajatnya untuk menggelar acara tentang sistem operasi mobile Android ciptaannya, sebab acara yang akan digelar merupakan bagian dari zona evakuasi badai Sandy.

Menurut Wikipedia, Hurricane Sandy merupakan angin kencang yang sangat besar, yang bisa terjadi pada akhir musim dan muncul di wilayah Jamaika, Kuba, Bahama, Haiti, Republik Dominika dan Amerika Serikat. Saat ini mengancam Pantai Timur Amerika Serikat dan Kanada Timur.

Badai ini berkembang dari gelombang tropis yang memanjang di bagian barat Laut Karibia pada 22 Oktober 2012. Kemudian, ini menjadi tekanan badai tropis yang terus menguat dan meningkat menjadi badai tropis dalam waktu hanya enam jam.

Pada 24 Oktober 2012, Sandy meningkat menjadi angin topan tak lama setelah ia tiba di Jamaika. Lalu, badai ini bergerak lebih jauh ke utara, Sandy melintasi lautan dan singgah di negara berikutnya, yakni Kuba pada 25 Oktober 2012 dan muncul sebagai badai Kategori 2.

Pada 28 Oktober 2012, pukul 11 p.m EDT, badai Sandy terletak sekira 465 kilometer di timur Cape Hatteras, North Carolina dan sekira 760 kilometer di selatan-tenggara New York City. Kecepatan angin maksimum adalah 65 knot (75 mph, 120 kilometer per jam) dengan hembusan angin yang kuat.

Badai ini kemungkinan memberikan dampak kerusakan pada hari ini 29 Oktober 2012 di wilayah Long Island dan selatan New England. Peneliti dari Johns Hopkins University, menggunakan model komputer yang dibangun pada data gangguan listrik dari badai sebelumnya, ia memperkirakan sekira 10 juta warga di sepanjang pesisir Timur akan kehilangan listrik akibat badai Sandy
Semoga artikel tentang Badai Sandy bermanfaat untuk anda dan jika ingin mencopy artikel ini mohon untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.
http://masterastronomi.blogspot.com/2012/10/badai-sandy.html
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a comment

Anda dapat berkomentar disini. Tetapi Admin harap komentar anda bebas dari SPAM, Pornografi, Sara, dan kata-kata yang dapat menyinggung orang lain.
Terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...