468x60 Ads

,

Tips Mengatasi Rasa Malas Belajar


Belajar adalah kewajiban setiap siswa. ya, orangtua selalu mengatakan seperti itu kepada anak-anaknya. namun, apakah para siswa jaman sekarang tetap membudayakan belajar? hhhm,, sepertinya harus tanya pada diri-masing-masing.

jadwal sekolah yang padat (seperti sekolah saya), membuat siswa sepertinya agak malas untuk sekedar membuka buku di rumah (saya juga termasuk. hehehe ). namun, sebagai generasi penerus, hal ini bukan menjadi alasan untuk kita bermalas-malas. negara menunggu kita untuk berprestasi. mungkin tips dari saya dapat membantu teman-teman untuk mengatasi rasa malas belajar di rumah dan menggugah semangat Anda belajar ^^. cekidot :

1. Mandilah sepulang sekolah. hal ini dapat menyegarkan pikiran dan badan sehingga otak terasa segar dan badan terasa bugar untuk menerima materi-materi.
2. Wudhu sangat penting untuk menghilangkan rasa ngantuk yang mengganggu semangat belajar.
3. Belajar sambil mendengarkan musik bisa mengurangi rasa ngantuk saat belajar. usahakan jenis musik klasik yang menggugah. musik jenis ini mampu membangkitkan semangat belajar terutama saat belajar pelajaran matematika, fisika, dll.
4. Tidurlah terlebih dahulu apabila lelah memang benar-benar sedang mengahajarmu. pasang alarm untuk bangun di dini hari.
5. Rapikanlah ruang belajarmu. selain tak sedap dipandang , ruang belajar yang berantakan akan membuat mood belajar pun menurun.
6. Matikan handphone . kebanyakan siswa (termasuk saya ^^ ) malas belajar akibat berhadapan dengan handphone. entah itu membalas SMS ataupun telpon dengan teman.
7. Buat catatan yang menarik. misalnya dengan memberi warna-warna atau gambar-gambar di catatan. lebih bagus lagi, buat bagan-bagan materi pelajaran sehingga lebih cepat paham daripada disusun menjadi kata per kata lalu kalimat per kalimat.
8. Baca-bacalah catatan pelajaran hari ini sebelum beranjak ke pelajaran hari esok.
9. Terakhir, namun sangat PENTING, pasang target-target yang INGIN ANDA CAPAI di tempat strategis. 
Semoga artikel tentang Tips Mengatasi Rasa Malas Belajar bermanfaat untuk anda dan jika ingin mencopy artikel ini mohon untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.
http://masterastronomi.blogspot.com/2013/01/tips-mengatasi-rasa-malas-belajar.html
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Anda dapat berkomentar disini. Tetapi Admin harap komentar anda bebas dari SPAM, Pornografi, Sara, dan kata-kata yang dapat menyinggung orang lain.
Terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...